Widget HTML #1

Manfaat Khitan Atau Sunat Bayi


Khitan pada bayi? Kami sering sekali melihat masyarakat umum terkesima, terpana, bahkan kaget ketika mendengar istilah khitan pada bayi. Banyak sekali komentar yang bernada kurang berkenan. Misalnya:

Masih kecil, apa nggak kasihan?

Jangan khitan saat bayi, nanti jadi ndak bisa tumbuh besar.

Wah, nggak tega, masak masih bayi sudah dikhitan.

Ayah Bunda, sebagai disclaimer, kami menekankan, bahwa khitan tak harus pada saat bayi. Khitan bisa dilakukan saat ada indikasi medis, atau saat anak sudah siap untuk khitan. Yang penting, khitan dilakukan sebelum anak laki-laki memasuki usia baligh.

Akan tetapi, khitan pada bayi sebenarnya sudah diterapkan oleh para sahabat di zaman Rasulullah SAW. Bahkan, sebagian ulama menyebutkan bahwa waktu khitan yang terbaik adalah usia bayi 7 hari, bersamaan dengan waktu aqiqah. 

Pendapat ini didasarkan hadits dari Jabir r.a., beliau berkata bahwa, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengaqiqah Hasan dan Husain dan mengkhitan mereka berdua pada hari ketujuh (setelah kelahiran).” (HR. Ath Thabrani dalam Ash Shogir). 

Oleh karena itu, memang banyak masyarakat khususnya di Timur Tengah yang mengkhitan puteranya saat masih bayi. Sementara, di Indonesia, agaknya khitan bayi belum menjadi budaya.

Tetapi, khitan hari ke-7 ini sifatnya anjuran saja. Sebab jumhur ulama memberikan batasan waktu khitan adalah sampai sebelum baligh, atau sekitar usia 10-12 tahun.

Berikut ini merupakan manfaat mengkhitan atau sunat pada saat bayi:

1. Kulit bayi masih tipis, sehingga relatif lebih mudah sembuh.

2. Aktivitas bayi masih sedikit, belum bisa tengkurap dan banyak gerak, sehingga mudah menanganinya.

3. Risiko infeksi minimal, karena perlindungan ASI yang diberikan ibu pada bayi.

4. Tidak menimbulkan trauma psikis di kemudian hari, karena memori bayi belum terbentuk sempurna.

Jadi, mengapa tidak mengkhitan anak saat bayi?

Tidak tega? Wah kalau ini sih, memang tidak bisa ditawar-tawar ya. Silakan menunggu anak siap dikhitan, jika memang ayah dan bunda tidak tega mengkhitan anak saat bayi.

Namun, jika memang bermaksud mengkhitan bayi, jangan khawatir, kami telah melayani ratusan khitan bayi sejak 2006. InsyaAllah kami berusaha menjalankan amanah yang Ayah Bunda berikan dengan sebaik-baiknya.

Minat mengkhitan bayi? Silakan kontak wa.me/6282136707568. [YM].

Posting Komentar untuk "Manfaat Khitan Atau Sunat Bayi"