Widget HTML #1

Pagi Khitan Sore Sembuh, Mungkinkah?


Suatu hari, ada seseorang bertanya kepada kami, "Dok, bisakah khitan cepat sembuh? Itu tetangga saya, pagi khitan, sore sudah sembuh."

Kami tergelitik untuk balik bertanya, "Kok bisa berkesimpulan bahwa dia sudah sembuh?"

"Kan dia bisa jalan-jalan ke mall, Dok. Apakah Solo Khitan Center bisa mengkhitan anak dan langsung sembuh?"

"Ketika ada anak habis khitan paginya dan sorenya bisa jalan-jalan ke mall, itu bukan indikasi dia sudah sembuh," jawab kami. "Sebab, saat proses khitan, ada luka yang ditimbulkan. Agar luka mengering atau sembuh, tubuh membutuhkan proses. Dan proses itu tidak mungkin terjadi secara kilat. Hingga saat ini, belum ada teknologi yang bisa mempercepat penyembuhan luka secepat itu."

"Tapi, dia kan bisa jalan, Dok."

"Lha, kan dia jalan pakai kaki, bukan pakai ... maaf ... pen**nya."

Hahaha ... mungkin sekilas ucapan tersebut seperti guyonan. Tetapi, itu betul adanya, Ayah Bunda. Khitan tak mungkin bisa sembuh dalam bilangan jam. Silakan cermati beberapa hal berikut ini agar bisa lebih jelas, ya, Ayah Bunda.

Pertama, saat khitan, ananda mengalami luka, sebab ada bagian kulit di ujung kulup (preputium) yang digunting dan dihilangkan. Namanya luka, pasti butuh waktu untuk penyembuhan. Jalani saja proses penyembuhan tersebut dengan sabar, jangan tergesa-gesa.

Kedua, mungkin Anda bertanya, berapa waktu yang dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan luka? Tergantung besarnya luka. Jika kulit mengalami sekadar lecet, mungkin dalam 3 hingga seminggu akan sembuh. Jika lecetnya agak besar, maka butuh 1-2 minggu. Jika lukanya agak dalam, seperti khitan, butuh waktu sekitar 2-3 minggu, atau mungkin sebulan sampai benar-benar kering. 

Ketiga, saat khitan menggunakan metode yang modern seperti di Solo Khitan Center, sangat memungkinkan anak untuk beraktivitas ringan, termasuk jalan ke mall, bahkan juga sekolah. Tetapi itu bukan berarti anak sudah sembuh. Aktivitas sedang sampai berat, sebaiknya dihindari. Ada orang tua pasien yang bertanya, apakah setelah khitan bisa terus bermain badminton? Menurut kami, sebaiknya jangan dulu.

Keempat, memang ada beberapa hal bisa mempercepat sembuhnya luka, misal kondisi tubuh anak yang sehat dan bugar, juga nutrisi yang diasup oleh anak. Silakan baca beberapa tips mempercepat sembuhnya luka di sini:

5 Makanan Terbaik Untuk Mempercepat Sembuhnya Luka Khitan

5 Tips Agar Luka Khitan Atau Sunat Cepat Sembuh

Demikian penjelasan kami tentang pernyataan "pagi khitan, sore sembuh." Semoga bermanfaat. [YM].

Posting Komentar untuk "Pagi Khitan Sore Sembuh, Mungkinkah?"